Kamis, 15 Maret 2012

TIPS ATASI JENUH DI KANTOR


Siapapun bisa mengalami masalah jenuh kerja. Masalahnya, dampak dari jenuh kerja ini bisa berbagai macam. Mulai dari kerja yang tidak produktif, pengaruhnya pada tubuh, meningkatnya emosional diri, sampai keinginan untuk mengundurkan diri.

Kejenuhan di tempat kerja ini bisa jadi karena pekerjaan rutin dan monoton yang berlangsung tahunan, memperoleh tanggungjawab kerja yang kurang menantang atau kurang berarti. Masalah inipun bisa dialami oleh siapa saja.
Maka jika asa jenuh ini mulai hinggap, coba carilah stimulus baru di pekerjaan yang mampu memancing kreativitas dan menggali kesempatan pengembangan diri. Stimulus dan tantangan baru akan memperbaiki gairah kerja kita kembali.

Dibawah ini ada beberapa tips atasi jenuh di kantor:

1. Cintai pekerjaan kita lebih dahulu. Dengan mencintai pekerjaan akan mendorong semangat untuk bekerja dengan penuh tanggungjawab.

2. Berpikir positif dalam menghadapi tantangan dan jangan pernah berpikir tantangan adalah sebauh hambatan. Dengan berpikir positif, kita akan melihat tantangan sebagai jalan untuk meningkatkan kualitas diri kita

3. Tingkatkan kemampuan seiring dengan bertambahnya tantangan atau tanggungjawab kerja. Alangkah baiknya jika kita selalu meningkatkan kemampuan, mengasah keahlian dan mengisi pikiran dengan informasi atau ilmu pengetahuan terbaru.

4. Tetapkan skala prioritas dalam bekerja. Kerjakan tugas yang terpenting, dan menyelesaikannya sesuai dengan batas waktu yang sudah kita tentukan sendiri. Patuhilah target deadline atau batas waktu, dan kita patut malu jika melanggarnya.

5. Ciptakan suasana kerja yang komunikatif. Luangkan waktu setidaknya untuk mendengar dan berusaha memahami harapan dan persoalan yang sedang dihadapi oleh orang-orang dalam lingkup pekerjaan kita. Dengan demikian akan tercipta saling pengertian dan jalinan keakraban, yang pada akhirnya melahirkan suasana menyenangkan dalam bekerja.

6. Pupuk sikap konsisten karena dunia kerja sarat dengan aneka tantangan. Tetapi bila kita selalu bersikap konsisten terhadap tujuan semula, yaitu menghasilkan pekerjaan terbaik, maka keresahan, kekhawatiran, kebosanan dan segala yang kurang menyenangkan dalam pekerjaan akan tergantikan dengan rasa tenang dan senang.

7. Buat motivasi dan penghargaan untuk diri sendiri juga orang lain. Motivasi dan penghargaan tidak saja menciptakan keakraban dalam lingkungan kerja, tetapi juga mengobarkan semangat untuk berpacu dalam prestasi.

Satu hal yang harus kita pikirkan, waktu akan terus berlari tanpa memandang apakah kita sedang bersemangat kerja, lesu, gembira atau mengantuk. Maka jangan sia-siakan waktu, lakukan pekerjaan sebaik-baiknya. Tujuh kiat di atas akan membantu kita bekerja dengan lebih baik, karena selalu ada jalan untuk melakukan pekerjaan kita dengan lebih baik. “There is a way to do it better…find it. – Selalu ada jalan untuk bekerja dengan baik…carilah,” kata Thomas Edison.

SEMOGA BERMANFAAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar